top of page

Memadik | Dokumentasi foto & video Bali

Memadik atau Ngidih Anak Luh adalah acara meminang sebelum dilaksanakan upacara perkawinan / pawiwahan yang dalam tata cara perkawinan hindu Bali.


Inti dari upacara ini sebenarnya mengadakan komunikasi yang baik antara keluarga laki-laki dengan keluarga perempuan sebelum upacara pernikahan berlangsung. Tiap masing-masing keluarga harus menyiapkan juru bicara yang akan memimpin alur komunikasi.


Terdapat 3 hal yang ingin dicapai dalam upacara ini yaitu: - Mengenali lawan bicara : Saling mengumpulkan informasi mengenai lawan bicara baik silsilah keluarga maupun kedudukan sosial keluarga.

- Permasalahan : Membahas hubungan cinta antara si laki-laki dan perempuan (apakah cinta / tidak, terpaksa / tidak dalam pernikahan ini)

- Sasaran : Bagaimana cara meyakinkan kedua orang tua untuk merestui hubungan pernikahan antara si laki-laki dan perempuan.


Percakapan dan diskusi biasanya dilakukan sesudah menghaturkan sesajen "canang pengrawos" yang dihaturkan dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar komunikasi bisa berjalan dengan lancar dan tanpa permasalahan.


Simak bagaimana rangkaian keseruannya disini:




65 views5 comments

Recent Posts

See All
bottom of page